Sabtu, 07 Juni 2008

DASAR-DASAR FILOSOFI

DASAR-DASAR FILOSOFI PENDIDIKAN

A.PERENIALISM

*Tujuan:Berusaha untuk mengamankan lapangan moral,Intelektual dan lingkungan sosial kultural yang lain.

*Pengetahuan: Segala dsesuatu yang dapat diketahui dan merupakan kenyataan adalah apa yang terlindung pada kepercayaan.Kebenaraan adalah sesuatu yang menunjukkan kesesuaian antara pikir dan benda-benda,maksudnya hal-hal yang ada bersendikan atas prinsip-pronsip keabadiaan.Perhatian mengenai esensi dari sesuatu,artinya telah memenuhi syarat-syarat logis dan memiliki evidensi diri bagi pengertian yang dirumuskan.

*Nilai : Mengikuti tradisi perkembangan Intelektual akademik yang ada pada zaman Yunani dan abad pertengahan yang bersifat regresif,yaitu kembali pada kebenaran yang sesungguhnya sebagaimana telah diletakkan dasarnya oleh filosof zaman lampau.

*Materi Kurikulum :Cendrung menekankan seni dan sains dengan dimensi perennial yang bersfat integral dengan sejarah manusia.Mengajarkan prinsip-prinsip dan penalaran ilmiah bukan fakta.

*Metode : Membimbing individu kepada kebenaran utama(doktrin,etika dan penyelamatan religius)memakai metode Trial and Error untuk mendapatkan pengetahuan proposisional.Pemakaian seminar dan diskusi sebagai cara yang tepat untuk mengkaji hal-hal yang terbaik bagi dunia(socratic method).

*Para pemikir Besar/Ahli
1.Robert Maynard Hutchins
2.Ortimer Adler


B.ESSENSIALISM

*Tujuan : Mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan dimana manusia merupakan makhluk budaya serta kehidupan manusia dilingkupi oleh nilai dan norma budaya sehingga manusia dapat mantap menjadi manusia yang berlandaskan nilai dan norma yang teruji oleh waktu.

*Pengetahuan : Yakin pada pengetahuan untuk kepentingan itu sendiri.Nilai kebenaran ilmiah bersifat konservatisme kefilsafatan yaitu kebenaran yang dilakukan manusia adalah relatif karena ketidaksempurnaan manusia.

*Nilai : Disiplin mental doperlikan untuk mengkaji informasi mendasar tentang dunia yang didiami serta tertarik pada kemajuan masyarakat teknis yan tidak mempedulikan masa lampau.

*Materi Kurikulum : Menekankan data fakta dengan kurikulum yang tampak bercorak vokasional.Konsentrasi studi pada materi dasar tradisional seperti:membaca,menulis,Sastra,Bahasa asing,Maatematika,Sejarah,Sauns,Seni dan musik.

*Metode : Pola orientasinya bergerak dari skill dasar menjadi skill yang bersifat kompleks.Perhatian pada pendidikan yang bersifat menarik dan efisien.


*Para pemikir Beasar / Ahli
1.William C.Bagley 3.Frederick Breed
2.Thomas Briggas 4.Isac L.Kandell


C.PRORESIVISIM

*Tujuan : Mencoba menyiapakan manusia untuk mamapu menghadapi persoalan aktual atau potensial dengan keterampilan yang memadai.

* Pengetahuan : Pendidikan dipandang sebagai suatu proses pengetahuan pada masa kini dimasa yang akan datang.Pendidikan harus berpusat pada anaknya bukannya memfokuskan pada guru atau bidang muatan.

*Nilai : Pendidikan adalh motivator dalam iklim demokratis dan menyenangkan.
Bergerak sebagai eksperimentasi alamiah dan promosi perubahan yang berguna bagi masyarakat.

*Metode : Bercorak student centered dimana siswalah yang dijadikan pusat dalam sebuah keadaaan , sehingga pendidik hanyalah sebagai motivator

* Para pemikir besar / ahli :
1. George Axtelle
2. William O Stanley
3. Ernest Bayley
4. Lawrence B. Thomas
5. Frederick C. Neff


D. Rekontruksionisme

* Tujuan : Membangun masyarakat baru, masyarakat yang pantas dan adil

* Pengetahuan : Promosi pemakaian problem solving tidak harus dirangkaikan dengan penyelesian problem sosial yang signifikan. Perkembangan IPTEK tak hanyak memberikan sumbangan yang sangat berarti bagi masyarakat juga membawa dampak negatif.

*Nilai : Manusia sebagai makhluk sosial sehingga untuk memajukan bangsa dilakukan secara bersama-sama, produk perlu berpikir tentang tujuan-tujuan jangaka panjang dan jangka pendek.

*Materi kurikulum : Lebih fokus pada penciptaan agar perubahan melali partisifasi
langsung dalam unsur-unsur kehidupan.Pendidkan berdasarkan fakta bahwa belajar terbaik sebagai bagai manusia atau terjadikan dalam aktivitas hidup yang nyata.

*Metode : Sistem belajar Learn by Doing (belajar sambil bertidak ) tidak melaksanakan pola life-adjustment(perbaikan tambal-sulam) para progresivist.

*Para Pemikir Besar/Ahli
1.Caroline Pratt
2.George Count
3.Horold Rugg
4.Michael W.Apple